Cara Menanamkan Durian Montong Sejati

DURIAN MONTONG – Baiklah sekarang ini kami akan memberikan cara untuk semua teman-teman tentang Budidaya Durian Montong. Perhatikan informasi yang kami berikan di bawah ini sebagai pengetahuan Anda tentang semua dalam budidaya. Semoga bisa bermanfaat dan sebagai motivasi bagi Anda dalam mencoba.

Durian montong tentu kita sekarang familiar ketika mendengar nama buah durian. Buah yang memiliki rasa manis, unik, dan lezat ini cocok dimakan langsung atau di buat jus, diolah menjadi sambal makanan.

Dengan daging buahnya yang tebal, lezat, dan manis, tentu siapa yang tidak tergoda, pasti semuahnya ingin memakannya. Namun bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi jangan sampai makan terlalu banyak satu buah ini.

Permintaan dan Harga Durian Montong selalu tinggi sehingga memberi keuntungan menggiurkan bagi siapa saja yang berkultivasi. Berikut tips cara mengolah durian montong.

Cara Menanamkan Durian Montong Sejati

Durian adalah jenis buah yang bisa tumbuh di dataran tinggi atau rendah, durian akan tumbuh dengan optimal jika berada pada ketinggian 50-600M atas permukaan laut. Durian montong ini menyukai iklim basah dan tempat-tempat yang hujan hujan di daerah itu sangat sering terjadi.

Tanah yang bagus dalam pertumbuhan bibit  adalah tanah lembab, longgar, subur, dan kedalaman air dalam tanah tidaklah lebih dari kedalaman 1 m, 6-7 pH tanah.

Persiapan Tanam Tanah

Lahan harus dibersihkan dari sisa gulm dan tanaman pengganggu lainnya Anda bisa menggunakan obat maupun cara mekanis, bisa secara pemanenan.

Pembukaan lahan baiknya disipakan mulai musim kemarau, agar ketika kita memasuki awal musim hujan kita tinggal menanam bibit durian saja.

Di lahan seluas satu hektare (ha), petani bisa menanam hingga 190 pohon. Ketika durian montong sudah memasuki usia 3-4 tahun, durian montong barulah bisa kita panen. Dalam setiap pohonnya Anda bisa mendapatkan 100 kilogram (kg) buah.

Berat rata-rata satu buah durian bisa mencapai 3-5 kg atau lebih. Menjadikan harga Buah Durian Montong bisa mencapai 25.000-30.000 per / kg di pasaran.

Menyiapkan Lubang

Buat lubang yang berdiameter 50 atau 100 cm. Lalu campur dengan pupuk organik 10- 20kg sudah lalu diamkan lubang.  Biarkan lubang selama 1 minggu untuk membuat mikroba di dalam tanahnya tercipta dengan baik.

Sebelum  Anda mau menanam bibit pada tanah baiknya Anda tunggu terlebih dahulu pengakaranya menjadi kuat.

Penanaman Jarak Jauh

Jarak 7 x 7 Meter atau 10 x 10 Meter.

Cara Menanamkan Durian Montong Sejati

Penanaman

Penanaman yang ideal adalah pada awal musim hujan. Gali lubang sesuai ukuran polybag. off polybag menggunakan cutter atau pisau cukur menjaga tanah di polibeg jangan sampai longgar.

Taruh bijinya kurang lebih sedalam 20 cm, lalu lindungilah dengan tanah setinggi akar leher lalu siram air secukupnya.

Tujuan dari metode penanaman ini adalah untuk menumbuhkan akar di atas tanah. Jadi pohon dan tapaknya akan lebih baik.

Perawatan Buah Durian

Biaya pemeliharaan / pemeliharaan taman durian ini berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 300.000 per pohon per tahun.

1. Penyiraman

Penyiraman dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai hasil tanam. Pada saat berbunga, penyiraman dikurangi dan penyiraman paling baik di pagi hari.

2. Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan terhadap tunas air, ranting atau ranting yang telah mati dan penyakit hama, dan ranting yang tidak terkena sinar matahari. Pemangkasan juga bertujuan untuk membentuk tanaman yang mencapai ketinggian tertentu tunas tanaman 4-5 m.

3. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik. Dosis dan jenis pupuk tergantung pada jenis dan kesuburan tanah atau sesuai rekomendasi pemupukan lokal sejak awal pertumbuhan sampai tahun ketiga dengan pupuk N NK tinggi.

Pemupukan pupuk dilakukan satu atau dua kali setahun pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Sedangkan pupuk makro sesuai dengan umur tanaman.

Cara memercikkan rotasi sesuai dengan lebar pendek kanopi tanaman. Dosis pupuk yang dianjurkan tergantung pada umur tanaman.

Misalnya 50 kg / pohon (umur 1 tahun), 70 kg / pohon (2 tahun), setiap tahunnya dosisnya meningkat menjadi 300 kg / pohon pada umur 10 tahun. . Sedangkan pupuk anorganik dianjurkan menggunakan NPK.

4. Merangsang Pertumbuhan Bunga

Ketika muncul bunga pada durian montong, Anda dapat dirangsang bibit tersebut menggunakan pupuk NPK, lanjutkan lakukan pembemberian hormon tertentu.

Zat yang dianjurkan adalah: Paclobutrasol, zat ini akan membuat pertumbuhan daun melambat dan mempercepat pertumbuhan bunga. Karena setelah diberikan zat tersebut bibit durian montong akan tumbuh meningkat dengan baik .

Pengendalian Hama

Kerusakan: menyerang membuat lubang-lubang di cabang, batang, atau ranting tanaman durian. Serangan ditandai dengan kotoran dan cairan merah dari kayu yang digunakan oleh penggerek, sehingga tanaman layu, daun menjadi kering dan gugur akhirnya tanaman malah mati.

Pembangun batang

Kerusakan: menyerang dengan membuat lubang di batang, cabang, atau ranting tanaman durian. Serangan ditandai dengan kotoran dan cairan merah dari kayu yang digunakan oleh penggerek, sehingga tanaman menjadi layu, daun menjadi kering dan jatuh akhirnya tanaman bisa mengalami kematian.

Kontrol: Mempertahankan Kebersihan Kebun

Hub: Jual Bibit Durian Montong :  085327787637

b. Penutupan stok lubang bor dengan kapas yang telah diberi insektisida sismet.
c. Potong dan hancurkan bagian tanaman yang terkena.
d. Disuntikkan tanaman dengan insektisida sismet melalui akar atau cabang.

2. Penggerak Buah (Tirathaba ruptilinea, hypoperigea leprosticta, dan Dacus dorsalis)

Kerusakan menyebabkan buah membusuk dan bergulat dan akhirnya rontok, buah yang diserang umumnya tidak bisa dimakan. Tirathaba ruptilineae rusak dengan meninju kulit durian sampai daging dan biji.

Hypoperigea Leprosticta menusuk buah durian untuk memberi makan sehingga buah membusuk dan jatuh, dan Dacus dorsalis menyerang buah durian dengan cara menyuntikkan telur ke kulit buah yang menyebabkan pembusukan dan kehilangan.

Kontrol: Sebuah penyemprotan sisitemik Insektisida sejak buah berumur satu minggu dengan dosis dan interval seperti yang diarahkan dalam kemasan.

b. Menggunakan jebakan yang mengandung methyl eugenol aktif seperti M antraktan.

Panen Durian Montong

Waktu panen berbeda tergantung jenis varietasnya. Tipe bulan adalah sekitar 125 – 135 hari setelah mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan yang sempurna setelah empat bulan setelah mekar.

Tanda kutip waktu berdasarkan tanda fisik, misal ujung coklat tua, garis di antara duri lebih jelas, tangkai buahnya lembut dan mudah bengkok, segmen tangkai buah membesar, baunya harum, ada suara kasar dan bergema saat buah dipukul

b. Cara panen

Cara memetik dengan cara memetik atau memotong buah memohon dengan pisau atau pisau tiang. Bagian yang diambil adalah tangkai buah, pangkal batang, pastikan ketika itu juga agar durian montong Anda tidak turun karena dapat menurunkan kualitas buah durian tersebut SEKIAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *