Menelusuri Jejak Kehidupan John Kennedy, Presiden Amerika Serikat ke-35 yang Wafat Secara Tragis

macam macam jenis surat

Mengulik biografi John Kennedy tentu akan membuat siapa saja penasaran. Pasalnya mantan presiden Amerika Serikat ini mengalami peristiwa penembakan membuat ia tewas. Tragedi tersebut menjadi salah satu peristiwa yang tidak bisa dilupakan warga dunia.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rekam jejak kehidupan dari Presiden Amerika Serikat ke-35 yang bisa anda ketahui

Kelahiran

Image Source: kinja-img.com

John Kennedy dilahirkan pada tanggal 29 mei 1917 di daerah Brookline, Massachussets. John merupakan anak kedua dari Sembilan bersaudara. Terlahir dari pasangan suami istri Joseph dan Rose Kennedy. John merupakan anak dari keluarga kaya dan terpandang di daerah Boston.

Ayahnya berprofesi sebagai banker selama masa perang dunia I, sehingga menjadikan keuntungan dan kekayaan mengalir di keluarga kecil Kennedy. Selain menjadi banker, ayahnya juga melanjutkan karir menjadi ketua komisi sekuritas dan pertukaran. Ia juga menjabat sebagai duta besar bagi Negara Inggris.

 

Pendidikan

John kecil sering dipanggil dengan sebutan Jack. Semasa kecilnya, Jack bersekolah di sekolah swasta. Sekolah yang pernah ia jejaki yaitu Canterbury dan Choate. Setelah menyelesaikan sekolah swastanya, Kennedy melanjutkan pendidikan tingginya di universitas Harvard.

 

Biografi John Kennedy semasa remaja juga sangatlah baik. Kennedy dikenal sebagai seorang pemuda yang tampan, menawan, dan juga menyenangkan. Hal itu yang membuta Kennedy sangat populer di antara teman-temannya.

 

Keluarga dan Karir

John Kennedy menikah pada tanggal 12 September 1963 dengan Jacquline Bouvier. Dari istrinya ia dikaruniai tiga orang anak.

 

Setelah lulus dari Harvard, Kennedy mulai merintis karirnya. Langkah pertama yang ia ambil yaitu bergabung dengan pasukan Angkatan Laut AS tepatnya pada tahun 1941. Setelah dua tahun berada di angkatan laut, Kennedy dipindah tugaskan ke daerah Pasifik Selatan.

 

Awal mula karir Kennedy sebagai presiden Amerika Serikat bukanlah sesuatu yang direncanakan. Hal tersebut bermula dari sebuah tragedi kecelakaan pesawat yang menimpa kakaknya Joseph Kennedy pada bulan Agustus 1944. Kakak Kennedy, Joseph merupakan seseorang yang diharapkan menjadi presiden kelak. Namun karena kematiannya, harapan tersebut dipindahkan orang tuanya ke John Kennedy.

 

Akibat peristiwa itu, Kennedy keluar dari angkatan laut dan beralih haluan dengan mengikuti pemilihan kongres pada tahun 1946. Setelah berkecimpung lama di duinia politik dan sanggup melawan pesaingnya maka pada tanggal 8 November 1960, Kennedy dinobatkan sebagai presiden ke-35 Amerika Serikat pada usia 43 tahun.

 

Kontribusi

Selama menjabat menjadi presiden, John Kennedy memberikan banyak sekali kontribusi yang berharga. Di tahun pertamanya menjadi presiden, ia mengawali pengiriman relawan ke Negara-negara terbelakang. Ia juga pernah memerintahkan serangan yang terkenal dengan sebutan “Invasi Teluk Babi” pada tanggal 17 april 1961.

 

Tragedi Pembunuhan

Biografi John Kennedy di akhir riwayatnya memang sangat tidak terduga. Kematian presiden ke-35 Amerika Serikat ini masih menjadi misteri dan tragedi yang bahkan masih banyak diperbincangkan hingga saat ini. John Kennedy tewas tertembak pada tanggal 22 November 1963 saat berada di mobil rombongan iring-iringan yang akan menuju ke Dalllas Trade Mart.

Kennedy terkena dua tembakan fatal di daerah leher dan juga kepalanya. Hal ini membuat nyawanya tidak tertolong walaupun ia sudah dilarikan segera ke rumah sakit terdekat. Pelaku pembunuhan ia masih belum jelas. Namun ada yang menyatakan bahwa pembunuh ia adalah Lee Harvey Oswald.

Demikianlah ulasan mengenai salah satu tokoh dunia John Kennedy. Semoga ulasan mengenai biografi John Kennedy ini dapat menjadi inspirasi bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *