3 Kuliner Khas Jogja yang Harus Kamu Coba

Anda tengah ingin mencicipi jajanan khas Jogja yang enak serta ramah di kantong? Inilah sederet tempat makan enak dan murah di Jogja, pastinya maknyus bikin ketagihan.

Kota Yogyakarta sejatinya populer sebagai bagian rajanya jajanan khas yang lezat serta ramah di kantong. Hampir beberapa kawasan kota Jogja menjamur aneka kuliner enak, dari makanan khas Jogja bahkan menu Eropa juga bisa kamu pesan.

Oleh karena itu, untuk Anda yang ingin mengeksplor beraneka ragam kuliner Jogja yang dikenal enak dan terjangkau, penulis telah mempersiapkan beberapa pilihan terbaik aneka kuliner enak di Jogja yang terjangkau, nyaman di kantong deh pokoknya. Harga mahasiswa tentunya. Ngga sabar? Mari, baca 2 tempat makan nikmat serta murah meriah di Jogja berikut.

List Area Kuliner Nikmat Dan Murah di Jogja, Recommended.

1. Angkringan Jogja

Kuliner Khas Jogja
travelingyuk.com

Ngebahas resto enak dan murah di Jogja pasti tak akan dapat jauh dari angkringan Jogja. Masih ada yang ngga kenal wisata jajanan murah di Jogja yang satu ini? Sudah banyak orang yang pernah berdomisili di Jogja mesti kenal dengan angkringan Jogja. Khususnya mahasiswa, kenal banget deh dengan angkringan.

Angkringan yaitu gerobak biasa memiliki atap terpal plastik yang menyediakan nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, dan wedangan. Nasi kucing yaitu sajian khas angkringan, segenggam nasi ditambah secuil oseng tempe atau teri lalu diselimuti daun pisang serta kertas. Dijuluki nasi kucing karena bentuknya memang mini.

Tidak hanya tempat yang asyik untuk ngobrol dengan kerabat sampai larut malam, angkringan sekaligus juga tempat makan pamungkas ketika dompet tinggal menyisakan uang ribuan.

Tidak heran, meskipun beberapa kafe modern membludak seolah jamur saat musim hujan, angkringan tetap bertahan sebagai tempat makan di Jogja enak dan terjangkau. Kuliner Jogja murah? Ya angkringan.

Salah satu angkringan Jogja yang sangat lezat serta terpopuler adalah angkringan tugu atau angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man adalah contoh tempat wisata kuliner ter-ajib saat menyusuri Yogyakarta di malam hari.

Hanya merogoh lembaran senilai 10.000 – 15.000 Rupiah saja, Anda sudah bisa mencicipi Kopi Joss serta nasi kucing diiringi dengan lauk sederhana yang tak kalah nikmat. Lokasi: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Jam buka: 18:00 – tutup.

2. Serba-serbi Gudeg Jogja

wikipedia.com

Satu lagi makanan khas Jogja yang patut Anda incip, yakni gudeg. Olahan mantap berbahan baku nangka muda ini seakan menjadi menu wajib untuk siapa saja yang lagi berwisata ke Jogja.

Gori (nangka muda) yang bergetah disterilkan sedemikian rupa kemudian dipanaskan pada kuah santan dibarengi penyedap dan rempah-rempah selama berjam-jam.

Jika matang, gori menjadi empuk dan agak manis. Gudeg biasanya dihidangkan dengan sambal goreng krecek pedas, telur pindang, tahu dan tempe bacem, serta ayam opor atau biasa disebut. Sebagai pelengkap, gudeg disiram areh gurih yang menciptakan cita rasa khas yang tak ada saingannya.

Anda tak akan pernah susah payah menjelajahi tempat makan lezat serta murah di Jogja yang menjajakan karena hampir di beberapa titik kota Jogja masih ada penjual gudeg. Dari pagi hari hingga dini hari, tetap saja Anda dapat mencicipi makanan khas Jogja tersebut.

Usut punya usut daerah Wijilan dan Barek lah yang paling hits menjadi sentra gudeg Jogja terenak. Wijilan dapat ditemukan tidak jauh dari kompleks Kraton Yogyakarta dan dapat diraih hanya 10 menit berjalan kaki bisa juga menggunakan becak.

Saat Anda kebetulan lagi berada di sisi utara Yogyakarta, cobalah datang ke Barek. Tiap subuh, penjaja gudeg berjajar di seberang jalan di bagian utara area Kampus UGM.

3. House of Raminten

phinemo.com

Mau menikmati makanan angkringan dan tradisional di area yang lebih ngehits? Datang saja ke House of Raminten. House of Raminten ialah sebuah tempat makan yang menghidangkan menu kuno Jogja, misal, tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing.

Arsitektur resto di Jogja yang enak ditambah ekonomis tersebut dinilai eksotis. Anda bisa menemukan suatu kereta kuda bagian luar tempat makan, sedangkan bagian interiornya Anda dapat menikmati koridor berarsitektur Java diselimuti semerbak dupa khas. Seakan belum sempurna, Anda juga akan melahap makanan diiringi dengan gamelan Jawa yang tetap mengalun di resto ini.

Tidak hanya ciri khas bangunan dan masakannya, pelayan di resto ini juga menggunakan seragan khas yang berupa kemben Jawa. Di atas meja, terdapat satu buah kentongan yang diapakai untuk memanggil pramusaji apabila Anda membutuhkan sesuatu. Nuansa yang homy menjadikan House Of Raminten pantas untuk rumah ngetem harmonis dan mantap di Yogyakarta.

Alamat: Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Jam buka: 24 jam. Ngomongin harga tentu saja nyaman di kantong yaitu murah dan cocok sekali untuk area ngetem di Jogja.

Daftar paket Catering Nasi Box Jogja juga tidak kalah menarik. Selain murah meriah, harga merakyat dan makanannya super enak loh. Sekian dulu ya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *