Masjid Terindah di Iran Shah Cheragh

Banyak sekali masjid yang ada di Iran salah satunya ialah masjid indah Shah Cheragh. Masjid ini berada di kota Shiraz di Iran. Jika anda masuk kedalam masjid ini, pasti akan menyangka jika bangunan ini adalah istana bukannya masjid. Arti nama masjid ini sendiri ialah king of the light. Hal itu karena interior masjid ini sangat gemerlap yang berasal dari pecahan cermin kecil yang berjumlah sampai jutaan. Sehingga memantulkan cahaya dari berbagai arah seperti layaknya berlian yang berkilauan.

Masjid Shah Cheragh ini juga menjadi salah satu masjid terindah yang ada di Iran dan sebagai pusat peziarah penting pada kota Shiraz. Dengan tampilan masjid dari luar yang sangat biasa namun interiornya sungguh menakjubkan.

Pada awalnya masjid ini cuma sebuah masjid yang sederhana sebagai tujuan para peziarah terkenal pada abad ke 14. Akan tetapi karena sang ratu bernama Ratu Tashi Khatun cinta dengan seni, maka beliaulah yang memperbaiki masjid ini. Sang ratu juga memerintahkan agar menutup makam yang ada di masjid dengan potongan cermin berwarna sehingga sangat berkilauan dan penuh dengan gemerlap.

Selain itu, bagian atap masjid juga dihiasi oleh ornament hingga ratusan ribu ubin halus. Sedangkan dinding interiornya ditutup oleh potongan cermin yang menyilaukan yang dicampur dengan ubin warna warni yakni merah, biru, kuning dan hijau.

Adanya jendela besar serta sangat tinggi juga turut menghiasi masjid ini. Ditambah lagi adanya mozaik kaca berwarna warni telah menghiasi interior masjid ini. Selain itu, dinding bagian dalam masjid juga dihiasi dengan kaligrafi ayat suci alquran telah ditulis pada kertas sutra yang dibingkai.

Untuk melengkapi kemegahan bagian dalam masjid, juga dipasang lantai marmer hijau serta ditutupi oleh karpet merah Persia dengan lampu Kristal.

Walaupun masjid ini populer karena kemegahannya, namun dibalik indahnya masjid ini ternyata telah tersimpan misteri yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Berdasarkan cerita, ketika tahun 900 masehi ada seorang wisatawan telah melihat ada cahaya yang berkilauan. Cahaya tersebut berasal dari sebuah tempat. Ketika dihampiri, ternyata asal cahaya tersebut ialah dari makam dan ada sesosok mayat dengan baju besinya. Beliau adalah seorang tokoh muslim dari wilayah setempat. Dengan kejadian tersebut, sampai sekarang tempat tersebut dijadikan sebagai peziarah para penganut syiah. Bahkan juga mengalami perkembangan infrastruktur secara kompleks.

Sehingga ketika masjid ini mengalami kerusakan, bangunan masjid tersebut selalu diperbaiki secara berkala. Hal ini menjadikan masjid tetap kokoh sampai sekarang. Masjid para Islam Syiah yang ada di Shiraz ini juga mempunyai halaman sangat luas. Dari situ juga terlihat adanya pilar-pilar ramping yang telah ditutupi oleh tirai yang berwarna serba krem.

Jika dilihat dari bagian luar masjid, terlihat ada 1 kubah induk masjid ini. Kubah masjid ini berwarna biru muda dengan motif seperti batik pada bagian luarnya. Selain itu, pada kubah luar dibagian bawah juga ada tulisan kaligrafi yang mengelilingi kubah ini. Di Indonesia juga banyak kubah yang dibangun dengan motif batik yang tak kalah indah dengan kubah masjid di Iran ini. Hal itu karena di Indonesia sekarang ini banyak sekali produsen kubah masjid yang menyediakan kubah masjid dengan model terbaru.

Jadi, tak heran banyak bangunan masjid lama yang memperbarui bangunan kubahnya dengan kubah model terbaru. Dengan begitu, bangunan kubah masjid akan sesuai dengan masjidnya dan masjid tersebut akan berkesan sebagai masjid baru karena memiliki kubah model terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *