Pendidikan Anak Dalam Islam

mendidik anak

Pendidikan Anak dalam Islam – Anak merupakan titipan dari Allah yang sangat berharga dan harus dijaga. Di satu sisi, anak juga akan menjadi penghibur di kala suasana gundah melanda. Namun, di sisi lain, buah hati kita juga dapat menjauhkan kita dari jalan yang benar. Karenanya, penting bagi orang tua mengajarkan pendidikan anak dalam Islam.

Perihal pendidikan anak dalam Islam telah termaktub dalam Al-Quran. Dapat kita temui beberapa ayat, di mana Allah berfirman perihal pentingnya mendidik anak dalam Islam. Seperti dalam QS. At-Tahrim: 6 yang artinya, “Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu”. Begitu pula dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam.

Banyak sekali kita temui bentuk atau cara beliau mendidik anaknya berdasarkan ajaran agama Islam yang benar. Baik itu berdasarkan perintah ataupun perbuatan beliau mendidik anaknya. Oleh karena itu, sedari dini anak harus mulai dari ditanamkan pendidikan Islam mulai dari lingkungan terdekatnya, yaitu orang tua.

Beberapa tuntunan pendidikan anak dalam Islam.

1. Mengajarkan ilmu tauhid

pendidikan anak dalam islam
parenting77.com

Ilmu tauhid merupakan landasan dalam ajaran Islam. Apabila seseorang bertauhid, maka niscaya ia akan mendapatkan keselamatan dunia, maupun akhirat. Begitu pun sebaliknya, tanpa tauhid seseorang bisa terjurumus dalam keburukan. Karenanya, penting bagi orang tua untuk terlebih dahulu paham mengenai ilmu agama, paling tidak untuk menjelaskan perihal ajaran Islam. Hal ini tentu saja untuk melancarkan upaya pendidikan anak berdasarkan ajaran agama Islam.

2. Mengajarkan cara beribadah

Beribadah kepada Allah merupakan amalan sekaligus kewajiban yang paling penting yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim di muka bumi. Hal ini tentu saja harus dipupuk sejak dini. Orang tua harus mengajarkan mereka bagaimana beribadah dengan cara yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Mulai dari shalat, puasa, bersedekah, dan ibadah lainnya.

Ketika sang anak sudah biasa tertib menjalankan ibadahnya, misalnya shalat, ajaklah ia untuk mengahdiri shalat berjamaah di masjid, bagi anak laki-laki. Jika sudah dilatih sejak dini, setidaknya sampai dewasa sang anak telah memiliki dasar beribadah dan paham bahwa ibadah merupakan hal yang wajib dilakukan umat muslim.

3. Mengajarkan akhlak

mendidik anak dalam islam
kknm.unpad.ac.id

Tuntunan mendidik anak dalam Islam selanjutnya adalah penting mengajarkan anak perihal adab dna akhlak. Ajarkanlah adab dalam Islam untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Misalnya kebiasan-kebiasaan atau adab, seperti mengucakan basmalah sebelum memulai suatu pekerjaan, membaca doa sebelum mengerjakan sesuatu hal, menjaga kebersihan, mengucap salam, makan dengan tangan kanan, dan sebagainya. Begitu pula dengan akhlak.

Orang tua wajib menanamkan akhlak mulia, seperti berkata dan bersikap jujur, menghormati sesama makhluk hidup ciptaan Allah, berbakti kepada orang tua, dan lain sebagainya.

4. Selalu memanggil anak dengan panggilan yang baik

Pernah mendengar kalimat “Nama adalah do’a”? Sejatinya, nama memang merupakan doa yang disematkan orang tua agar anak kelak tumbuh sesuai dengan harapan pada nama tersebut. Karenanya, pilihlah nama anak perempuan islami terbaik untuk puteri Anda. Janganlah memanggil anak dengan panggilan yang buruk, sebab setiap anak diberi fitrah.

5. Selalu menasehati anak

Rasa sayang terhadap anak tidak boleh dimaknai dengan menuruti semua keiginannya, positif aau negatif. Jika salah, anak wajib dinasehati, itulah sebenar-benarnya cara mengarahkan anak dengan baik. Menasehati anak tentu tidak boleh juga dengan cara kasar dan semau orang tua. Sebagai orang tua, Anda harus mampu memberi pengertian kepada anak. Ajaklah ia berdiskusi perihal dirinya, sehingga tidak hanya menasehati, ia pun merasa dilibatkan dalam tumbuh kembangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *