Pernyataan yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

pertanyaan wawancara kerja

Wawancara Kerja – Wawancara kerja merupakan tahapan yang mesti dilaui oleh para pelamar kerja di sebuah instansi atau perusahaan. Selain surat lamaran kerja, interview juga merupakan bagian yang sangat menentukan diterima tidaknya anda bekerja di sebuah perusahaan atau instansi.

Sebelum menghadiri wawancara, persiakanlah diri anda dengan baik karena nasib anda akan dipertaruhkan. Siapkan pakaian yang cocok dan juga siapkan diri anda dengan berbagai pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan HRD kepada anda.

Dalam menjawab pertanyaan HRD, sebaiknya anda tidak asal ceplas ceplos aja. Anda harus jeli memberikan jawaban yang bisa membuat HRD terkesan karena banyak orang yang gagal diterima bekerja sebab mereka dianggap gagal dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh HRD. Untuk itu, penting juga mengetahui jawab yang bisa membuat anda gagal melewati sesi wawancara. Nah berikut beberapa kalimat yang harus anda hindari saat wawancara kerja:

1. ‘Saya sangat menginginkan pekerjaan ini’

wawancara kerja yang baik

Kalau anda ingin lolos wawancara kerja, hindari ucapan ‘saya sangat menginginkan pekerjaan ini’. Maksud anda mungkin ingin menunjukkan antusiasme dan semangat anda, namun pada dasarnya hal ini mencerminkan keputusasaan, dan hal ini akan menjadi nilai buruk bagi anda.

Dalam wawancara kerja, anda harus terlihat optimis dengan tidak mengucapkan kalimat kalimat yang mencerminkan kalau anda terlihat putus asa dan kurang bersemangat. Sebaiknya anda cukup menjawab, “saya menantikan diskusi lebih lanjut bersama anda mengenai pekrjaan dan posisi ini”.

2. “Pekerja keras, motivasi tinggi, cepat belajar”

wawancara kerja yang baik
satriabajahitam.com

Mengucapkan kata kata ini dengan maksud menunjukkan karakter positif dan semangat yang tinggi, namun sifat sifat sudah klise dan psaran dalam dunia prekrutan tenaga kerja baru di perusahaan perusahaan dan instansi instansi.

Mengucapkan kata kata ini tidak memiliki arti apa apa, serta tidak bisa mendeskripsikan apa yang spesial dari anda sehingga anda pantas diterima oleh perusahaan.

3. “Mmmmm…”

wawancara kerja yang baik dan menarik
anakui.com

Saat mengikuti wawancara, terkadang anda bingung atau blank dengan pertanyaan yang diajukan HRD kepada anda. Diam sejenak diisi dengan ‘mmmm…’ atau ungkapan yang semisal dengan ini menunjukkan kalau anda sedang blank dan terpojok dengan pertanyaan yang diajukan oleh HRD.

Kalau anda gugup atau ragu dalam menjawab, anda bisa katakan “ini pertanyaan yang menarik, berikan saya waktu berpikir sejenak”.

4. “Seberapa besar kesempatan saya untuk diterima?”

Jangan sama sekali mengajukan pertanyaan ini, kalau anda menyakan hal ini, kesempatan anda diterima di perusahaan tersebut adalah nol. Sebaiknya anda mengatakan bahwa prospek kerja di perusahaan mereka sangat menarik dan ana bisa menjadi tambahan yang bagus bagi tim mereka.

5. “saya tidak memiliki pertanyaan apapun tentang perusahaan ini”

Ketika HRD mengatakan, apakah anda punya pertanyaan seputar perusahaan atau posisi yang anda lamar. Ketahuilah bahwa ini bukan sekedar basa basi semata, namun tujuannya untuk menguji seberapa besar ketertarikan anda dengan pekerjaan di perusahaan tersebut serta menguji pengetahuan anda terkait perusahaan itu.

6. “Apakah posisi ini memberikan tunjangan”

Jangan tanyyakan hal ini terlalu dini, karena itu merupakan kesalahan besar. Seharusnya pertanyaan yang anda ajukan adalah pertanyaan seputar bagaimana anda bisa membantu perusahaan dalam bekerja agar mencapai target.

7. “Kapan saya bisa mulai bekerja”

Mungkin anda mengira, anda akan terlihat keren dan optimis dengan mengajukan pertanyaan ini. Namun, ketahuilah bahwa pertanyaan ini justru akan menutup peluang anda diterima sebab hal itu menunjukkan kalau anda adalah orang yang tidak profesional, arogan, dan lancang, sebagai gantinya katakanlah, “Terima kasih atas waktunya dan saya menantikan kabar baik dari anda”.

Itulah beberapa pernyataan yang harus anda hindari saat wawancara kerja. Dalam wawancara kerja, anda harus jeli memilih kata kata yang tepat dalam menjawab pertanyaan atau pertanyaan yang anda ajukan kepada HRD. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *